Mengenal Apa itu NFT dan Sistem Kerjanya

Amorimfrance – Aset NFT atau Non-Fungible Token yakni salah satu aset digital yang cuma bisa dimiliki oleh satu atau beberapa orang saja, dengan kata lain aset NTF memiliki limitasi kepemilikan. Beberapa besar aset NFT sudah mengaplikasikan teknologi blockchain ethereum untuk bertransaksi. Aset NFT sendiri mewakili barang-barang unik yang memiliki poin tukar yang tidak dapat diganti.

Cara kerja NFT yaitu bisa dengan barang-barang unik yang bisa dipasarkan dalam wujud NFT bisa berupa sebuah karya seni seperti foto, aset game, musik, video, dan dokumen lainnya. Untuk harga jualnya sendiri, ditentukan dari elemen mutu, reputasi, dan kreativitas sang penggiat seni.

NFT sudah menjadi sebuah platform baru untuk media koleksi digital. Kecuali itu, NFT juga bisa menjadi sebuah sarana untuk menyokong para seniman di era yang sudah modern ini. NFT banyak menawarkan imbalan besar untuk para penggiat seni, influencer, ataupun kreator digital dari para pemberi modal yang bersedia untuk membayar karya NFT mereka.

Trennya sendiri masih sangat terbatas untuk industri seni, hiburan, dan hobi. NFT dapat bernilai puluhan juta dollar. Supaya dapat melakukan aktivitas jual-beli aset NFT terpopuler, Anda wajib memiliki mata uang crypto. Lalu, apa perbedaan NFT dan Crypto?

Perbedaan NFT dan Crypto

Pada dasarnya NFT merupakan buah hati bawaan dari mata uang Crypto. Padahal seperti itu, NFT dan Crypto memiliki wujud, cara pemakaian, dan format yang berbeda.

Aset Crypto seperti Bitcoin sama seperti uang jasmaniah. Keduanya sama-sama mempunyai skor tukar yang dapat diperdagangkan. 

Lain halnya dengan aset NFT, dimana keunggulan NFT tak mempunyai kesamaan skor tukar. Masing-masing dari aset NFT mempunyai tanda tangan komputerisasi yang tak memungkinkan adanya pertukaran dengan aset NFT lainnya. Jadi, satu aset NFT tidak mempunyai nilai yang sama dengan aset NFT lainnya.

Aset NFT dihasilkan dalam jumlah yang terbatas dan tak bisa ditukar ataupun diperjual-belikan dengan aset NFT lainnya. Hal ini dikarenakan aset NFT tak memiliki nilai yang sama. Kepemilikan aset NFT bersifat totaliter, di mana sang pemilik aset ini memiliki hak milik secara penuh. Aset NFT juga tidak dapat dibagi menjadi denominasi yang lebih kecil seperti halnya aset Crypto.

Cara Menjual Karya NFT

Mungkin Anda sempat berpikir bagaimana cara menjual karya NFT? Dikarenakan platform NFT bisa menjadi tempat karya Anda bisa dipasarkan dengan harga yang bisa mencapai miliaran rupiah, sebelum Anda memasarkan karya Anda dalam bentuk aset NFT, tentunya Anda juga harus mempunyai akun di platform atau marketplace NFT.

Kecuali itu, Anda juga diharuskan memiliki aset Crypto yang cocok dengan platform daerah Anda memasarkan-belikan aset NFT Anda. Biasanya marketplace NFT mempunyai undang-undang transaksinya masing-masing. Tips contoh CryptoPuks, dan Rarible yang mendapatkan transaksi mengaplikasikan dollar dan ETH, dan Opensea yang cuma memakai ETH.

Hal pertama yang wajib Anda lakukan sebelum menjual karya NFT pertama Anda ialah memilik marketplace NFT dan mempunyai aset crypto pantas dengan marketplace NFT yang Anda pilih. Berikut ini merupakan sebagian tips ,enjual karya NFT dan juga cara membeli NFT:

1. Memilih Marketplace NFT

Setiap menjual karya NFT yang pertama ialah Anda harus memilih marketplace NFT. Tidak marketplace NFT memiliki bermacam macam fitur dan regulasi enis mata uang yang bisa diterapkan untuk bertransaksi aset NFT. Salah satu marketplace NFT terbesar yang populer ketika ini ialah Opensea.

Sesudah cuma Opensea, Anda juga bisa memilih marketplace NFT lainnya yang layak dengan keinginan Anda, terutama dalam hal sistem pengaplikasiannya. Tiap Anda menentukan marketplace NFT mana yang akan Anda pakai, Anda mesti membuat akun di marketplace tersebut dengan menautkan dompet mata uang crypto yang mendukung transaksi di marketplace yang Anda pilih.

Tips contoh, Anda menggunakan dompet MetaMask sebagai dompet mata uang crypto Anda yang ditautkan dengan marketplace Open Sea. Tidak marketplace memiliki proses transaksi yang berbeda. Dipasarkan, perbedaan ini tak terlalu signifikan.

2. Mengunggah Aset NFT Anda untuk Dipasarkan

Tiap membuat akun, Anda sepatutnya meregistrasikan aset NFT Anda dan menjualnya. Anda diberi sebagian pilihan untuk menjual atau mentransfer aset NFT Anda. Dipasarkan, sebagian marketplace NFT mungkin akan minta tarif tambahan di tiap transaksinya.

Di halaman dashboard, Anda cukup memilih jual atau sell, lalu Anda tinggal mencontoh langkah berikutnya seperti upload file NFT Anda, memberikan isu tentang aset NFT Anda, memberi harga, dan lainnya.

Tiap-tiap itu, marketplace NFT akan menghitung biaya gas fee blockchain ethereum untuk mencatat transaksinya. Nominal tarif yang diperlukan biasanya bervariasi, tergantung dari jaringan blockchain.

Rekomendasi Marketplace NFT

Dia Anda berminat untuk memasarkan karya NFT Anda, melainkan belum mengenal marketplace NFT apa saja yang dapat Anda gunakan, berikut ini yakni rekomendasi marketplace NFT terbaik yang bisa Anda gunakan untuk memasarkan karya NFT Anda.

1. Rarible

Marketplace NFT ini dimiliki oleh komunitas yang memperlihatkan karya seni berbentuk collectible item dan aset komputerisasi. Anda dapat menjalankan jual-beli aset NFT disini dengan mengaplikasikan dompet mata uang crypto seperti, MyEtherWallet ataupun MetaMask.

2. Axie Infinity

Untuk Anda yang gemar bermain game online, marketplace NFT ini sangat sesuai untuk Anda. Sistem volume trading yang dimiliki oleh game online ini sudah melebihi 2,1 miliar USD di Dappradar dan sukses menarik lebih dari 15 ribu pemain aktif tiap-tiap bulannya.

3. OpenSea

Ingat dengan sosok Ghozali Everyday?  sukses meraup profit sampai miliaran rupiah dengan memasarkan karya NFTnya di marketplace ini. Marketplace NFT peer-to-peer terbaik dan terbesar yang bisa Anda pakai untuk memasarkan karya NFT Anda. Opensea juga memiliki dukungan untuk penerapan token ERC-721 dan ERC-1155.

Demikianlah ikhtisar mengenai Apa  NFT dan Cara Kerjanya. Bagaimana? Menarik bukan? Apakah Anda berminat untuk menggeluti dunia NFT?