Self Reward Kok Menjadi Boros? Yuk Kelola Finansial Dengan Bijaksana

Amorim – Setelah sukses mendapatkan capaian tertentu, sesekali kamu perlu memberikan self reward terhadap diri sendiri. Tujuannya yaitu untuk memberikan apresiasi pada diri sendiri dengan cara memberikan “hadiah” atas capaian atau prestasi yang telah sukses di peroleh.

Memberikan hadiah pada diri sendiri bukan hanya sekadar berfoya-foya atau pemborosan. Akan tapi hal ini lebih terhadap penyampaian wujud terima beri pada diri sendiri atas pencapaian dan kerja keras yang telah dijalankan selama ini.

Tetapi perlu Anda ingat ya, bahwa self reward untuk masa depan tidak cuma sekedar menghamburkan banyak uang demi kebahagiaan yang sesaat. Sehingga pemilihan dan sistem pemberian hadiah pada diri sendiri ini perlu diperhitungkan secara akurat.

Apa Itu Self Reward?

Sebelum membahas secara lebih lanjut berkaitan reward untuk diri sendiri, tidak ada salahnya jika kamu perlu memahami apa itu pengertian self reward. Tujuannya tentu saja merupakan untuk membikin kamu menjadi kian tahu berkaitan seluk-beluk hadiah untuk diri sendiri.

Ringkasnya, self reward yaitu sebuah wujud aktivitas ataupun kegiatan yang dapat diterapkan untuk mengapresiasi diri sendiri kepada pencapaian yang telah diperoleh. Kesibukan ini bisa bermacam-macam baik itu dalam format pemberian hadiah ataupun hal lainnya.

Mungkin masih banyak diantara kalian yang seperti itu abai dengan aktivitas pemberian reward untuk diri sendiri ini. Walaupun, dia adalah hal yang cukup penting untuk menyokong kesehatan, produktivitas, dan bahkan juga pengembangan diri.

Ketika Anda bisa memberikan apresiasi pada diri sendiri tentu akan ada banyak hal yang dapat diperoleh. Pun dengan aktivitas ini kamu bisa lebih mengenali dan lebih peduli pada diri sendiri. Imbasnya, kamu malahan bisa menjadi lebih merasa bahagia dan bersyukur atas capaian-capaian yang sudah dapat didapat.

Memberikan hadiah pada diri sendiri tidak cuma sebatas pemberian barang-barang mahal dan branded. Karena Anda bisa memberikan reward dalam bentuk yang lebih simpel dan tentu saja menyesuaikan batas kemampuan finasial yang dimiliki.

Ingat ya, reward itu sebagai format apresiasi pada diri sendiri. Bukan sesuatu yang dilandasi atas dasar gengsi semata. Jadi tidak perlu berkecil hati jikalau Anda belum bisa memberikan reward dalam format yang mewah. Sebab tujuan utama dari pemberian reward ini yakni inner happiness atau kebahagiaan dari dalam diri sendiri.

Kenapa Self Reward Begitu Penting?

Sebetulnya ada demikian itu banyak alasan mengapa kamu perlu memberikan self reward atas prestasi dan kerja keras yang sudah ditempuh. Berikut ini termasuk beberapa alasan yang bisa menjadi pertimbangan untuk memberikan reward pada diri sendiri:

1. Menjaga Semangat Produktivitas

Memberikan apresiasi pada diri sendiri merupakan salah satu sistem terbaik untuk menjaga produktivitas. Sebab selain kamu bekerja keras untuk mencari penghidupan, kamu dapat juga mendapatkan reward sebagai bentuk apresiasi.

Dikala kamu memberikan reward ini karenanya bisa meningkatkan mood sehingga menjadi lebih bagus. Pada akibatnya, kamu pun bisa berprofesi dengan lebih sepenuh hati tanpa perlu mengalami tekanan dan stres yang berkepanjangan. Selain itu, pemberian reward pada diri sendiri ini juga akan memotivasi kerja supaya bisa lebih giat lagi.

2. Anda Mempunyai Hak Mendapatkan Self Reward

Jangan pernah lupa bila Anda yakni sosok yang amat penting dan semacam itu berharga. Setelah bekerja keras selama durasi tertentu, hidup yang kamu jalani pun memiliki hak untuk menerima kebahagiaan.

Maka dari itu, penghargaan diri merupakan hal yang penting dan Anda memang sesuai untuk mendapatkannya. Terlalu lama bekerja keras tanpa imbalan bagi diri sendiri bisa saja menurunkan produktivitas kerja. Lebih parahnya lagi malahan dapat menyebabkan Anda mengalami burn out.

3. Format Cinta Pada Diri Sendiri

Apresiasi bagi diri sendiri bukan hanya sekedar tentang cara untuk menghargai diri pribadi. Tapi hal itu telah menjelma sebagai salah satu ekspresi bahwa kamu mencintai hidup dan diri sendiri.

Jadi sekiranya Anda sukses mencapai suatu prestasi atau kerja keras, jangan takut untuk memberikan hadiah pada diri sendiri. Sedangkan hanya sekadar ucapan selamat namun hal itu bisa memberikan pengaruh positif yang begitu besar.

Cara Memberikan Self Reward Biar Gak Boros

Tak ada undang-undang pasti mengenai hadiah apa yang ideal untuk diri sendiri. Sedangkan demikian, ada beberapa hal yang perlu kamu pahami sebelum memberi self reward biar tidak menjadi gelanggang pemborosan.

1. Pastikan Self Reward Ini Relevan

Memberikan reward tidak mesti senantiasa dalam bentuk barang-barang mewah dan branded terkenal. Akan lebih bagus keok hadiah itu sesuai dengan tujuan besar dalam hidup yang sedang Anda jalani.

Sebagai model, Anda mempunyai tujuan untuk dapat menabung secara konsisten dalam durasi tertentu sehingga gaji bulanan tak habis. Seandainya tujuan kalian seperti ini, tentu wujud reward diri bukanlah barang-barang mewah yang mahal. Sebab hal ini akan membuat kalian menjadi kian boros yang bertentangan dengan tujuan besar yang sudah dibentuk.

2. Alokasikan Dana Khusus Untuk Reward Diri

Ketika mempertimbangkan ingin memberi hadiah pada diri sendiri, tak ada salahnya bila kamu mulai memastikan keuangan berhubungan pemberian reward. Akan lebih baik, jikalau kamu bisa mengalokasikan dana khusus yang memang akan diberi hadiah untuk apresiasi diri.

Sebagai model Anda bisa mengalokasikan sekian persen dari pendapatan bulanan yang Anda temukan untuk keperluan reward. Agar lebih tertata, sebaiknya jatah dana ini tak kamu campur dengan pos pengeluaran lainnya. Sehingga semua pos pengeluaran dapat lebih tersusun dan tidak mengalami pemborosan.

3. Tak Ada Salahnya Mencari Promo Untuk Hadiah Diri Sendiri

Apabila Anda cukup akurat dan bijak, sebetulnya ada cukup banyak promo dan diskon yang ditawarkan oleh sejumlah merchant. Supaya pengeluaran untuk self reward tidak menjadi gelanggang pemborosan, Anda bisa mencari promo-promo menarik berhubungan tipe hadiah yang diinginkan.

4. Tidak Perlu Mengikuti Tren

Mungkin kalian banyak yang beranggapan bahwa pemberian reward untuk diri sendiri semestinya mengikuti popularitas yang berkembang. Tentu saja hal ini tidak benar dan kamu tak perlu memiliki pemikiran yang demikian.

Bentuk reward untuk diri sendiri ini pelbagai-tipe dan tak seharusnya produk yang terkini. Pasalnya reward juga dapat menyesuaikan dengan kebutuhan yang kalian miliki. Jadi jangan cuma terpaku meniru popularitas semata yang pada kesudahannya bahkan dapat membikin situasi finansial menjadi semakin boros.

5. Sesuaikan Dengan Situasi Keuangan

Ketika memberikan reward untuk diri sendiri, kamu juga perlu menyesuaikan dengan keadaan keuangan yang dimiliki. Sebaiknya jangan terlalu memaksakan diri untuk memberikan hadiah yang tak layak dengan keadaan keuangan.

Perlu diingat ya bila reward diri yaitu wujud apresiasi dan bukan malah untuk menyakiti diri sendiri. Jangan sampai Anda memberikan reward dengan harga nominal yang jauh di luar kecakapan finansial.  ini justru akan membuat kamu menjadi terbebani dengan pemberian reward itu.

Itulah review mengenai pengertian dari self reward dan cara pemberiannya biar tidak menjadi ajang pemborosan. Jadi berharap memberi hadiah apa pada diri mu sendiri nanti sesudah bekerja keras?